Friday, 13 October 2017

MANAJEMEN WEB


SOFTWARE DESAIN WEB 
1.Website Berbasis CMS
2.Website Berbasis Bahasa Pemrograman
WEBSITE BERBASIS CMS
Pengertian CMS : Content Management System  atau disingkat CMS adalah Suatu metoda mengelola sebuah content/isi. Content bisa berupa teks, suara, gambar video, animasi dan aplikasi lainnya yang disimpan dalam sebuah database sehingga mudah dalam pengelolaannya.

CMS yang banyak dipakai saat ini adalah Website CMS(WCMS).
WEBSITE BERBASIS CMS 
WCMS adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan memelihara/updating web, yang dirancang sedemikian rupa sehingga proses pem
buatan dan pemeliharaan web lebih mudah, efektif dan efisien, baik bagi orang yang mengerti tentang teknologi web maupun yang tidak

WCMS yang beredar di Internet saat ini menggunakan:
•Bahasa pemrograman PHP
•Web Server apache
•Database MySQL
JENIS-JENIS WEBSITE CMS
•WCMS Portal, mempunyai banyak layanan, seperti layanan berita, forum, mailing list, e-mail dan lainnya. Contoh: joomla, drupal, dll.

•WCMS E-Commerce, merupakan CMS yang bertujuan melakukan proses transaksi. Contoh: Prestashop, phpShop, dll.

•WCMS E-Learning, CMS yang bertujuan untuk proses belajar mengajar jarak jauh. Contoh: aTutor, Moodle, dll.

•WCMS Forum, CMS yang menyediakan media untuk diskusi secara online. Contoh: phpBB, MyBB, dll.

•WCMS Gallery, CMS yang menyediakan wadah untuk menampilkan gallery foto. Contoh: Galery, Copermine, dll.

•WCMS Personal/Blog, merupakan CMS yang bertujuan untuk mengelola data personal atau blog. Contoh: Wordpress, nucleus, dll.
JENIS-JENIS WEBSITE CMS
MANFAAT CMS
Alasan utama memilih CMS sebagai basis website yang akan dibangun adalah kemudahan yang ditawarkan, dan fitur yang lengkap. Selain itu CMS juga memberikan sejumlah manfaat, yaitu:

•Manajemen data
•Mengatur siklus hidup server
•Mendukung web templating dan standarisasi.
•Personalisasi server
•Sindikasi
•Akuntabilitas
Sistem Manajemen Konten
Aplikasi Web Berbasis Sistem Manajemen Konten

Sistem Manajemen Konten yang biasa dikenal dengan Content Management System (CMS) adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk mengatur proses berjalannya suatu situs web.

Beberapa tahun lalu, untuk membuat situs Web kita harus memiliki pengetahuan tentang ilmu yang berhubungan dengan pembuatan dan pengelolaan situs Web seperti HTML, PHP, dan lain-lain


Sistem Manajemen Konten (Lanjutan)
Apa itu Konten? Konten adalah pokok, tipe, atau unit dari informasi digital. Konten dapat berupa teks, citra, grafis, video, suara, dokumen, laporan-laporan, dan lain-lain. Dengan kata lain, konten adalah semua hal yang dapat dikelola dalam format elektronik.

Apa itu Manajemen Konten? Manajemen konten secara efektif adalah manajemen dari konten dengan kombinasi aturan-aturan, proses dan/atau aliran kerja.
Sistem Manajemen Konten (Lanjutan)
Apa itu Sistem Manajemen Konten? Sistem dapat dijelaskan sebagai tool atau kombinasi tool yang memudahkan produksi yang efektif dan efisien yang menginginkan keluaran dengan menggunakan konten yang dikelola.

Kombinasi dari ketiga hal sebelumnya CMS adalah tool yang memungkinkan berbagai staf teknis (sentralisasi) dan non-teknis (desentralisasi) untuk menciptakan, mengedit, mengelola, dan terakhir menerbitkan (di dalam sejumlah format) berbagai konten (seperti teks, grafis, video, dokumen, dan lain-lain) selama dibatasi oleh sekumpulan aturan-aturan yang disentralisasi, dan proses serta aliran kerja yang memastikan konten elektronik divalidasi.
Open Source CMS
Ada banyak aplikasi open source yang kita kenal saat ini diantaranya adalah Postnuke (www.postnuke.com), PHPNuke (www.phpnuke.org), dan Drupal (www.drupal.org).

Semuanya merupakan aplikasi CMS yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Aplikasi ini biasa digunakan untuk keperluan berbagai informasi suatu komunitas.

Drupal
Drupal adalah sebuah perangkat lunak Sistem Manajemen Konten yang bebas dan terbuka. Perangkat lunak ini didistribusikan di bawah lisesnsi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.  Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat dilakukan secara bebas juga sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komuntas untuk mempublikasikan, mengatur, dan mengorganisasikan berbagai jeni isi atau konten pada situs web. Drupal dapat digunakan untuk membangun :
1.Portal Web komunitas
2.Situs diskusi
3.Situs Web perusahaan
4.Aplikasi internal
5.Situs Web personal atau blog
6.Aplikasi komersial e-commerce, dan lain-lain.
Drupal (Lanjutan)
Keunggulan :
1.Diklaim sebagai CMS terbaik untuk saat ini (2010) dan mengalahkan Joomla!
2.Digunakan apda situs Web yang sederhana hingga situs Web profesional
3.Mudah dioperasikan
4.Dapat dijalankan di komputer lokal
5.Banyak plugin tambahan
6.Template dapat diubah-ubah sesuka hati dan mengijinkan pembuatan template
7.Mendukung SEF (Search Engine Friendly) secara default sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencari

Kelemahan :
1.Penggunaannya tidak telalu banyak, terutama di Indonesia
2.Pluginnya tidak sebanyak Joomla!
Joomla!
Joomla! adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) yang bebas dan terbuka (free open source), dan ditulis dengan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di Internet maupun Intranet. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performa, RSS, blogs, poling, dan lain-lain. Joomla! menggunakan lisesnsi GPL. Kata joomla berasal dari kata Swahili yang mengandung arti ‘kebersamaan’. Joomla! menggunakan Apache sebagai server Web dan MySQL untuk basis datanya.

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu : 1.Server Web 2.Skrip PHP 3.Basis data MySQL


Joomla!  (Lanjutan)
1.Server Web, diasumsikan terhubung dengan internet/intranet. 2.Skrip PHP, terdiri dari kode program dalam bahasa PHP. 3.Basis data MySQL, merupakan tempat penyimpanan konten.

Keunggulan : 1.Diklaim sebagai CMS open source dengan pengguna terbanyak di dunia. 2.Digunakan oleh situs Web yang sederhana hingga situs Web yang profesional. 3.Mendapat kepercayaan dunia dan beberapa kali menerima penghargaan sebagai CMS open source terbaik dunia. 4.Banyak pihak pengembang yang terus menambahkan konten-konten Joomla!

Kelemahan :
1.Defaultnya tidak mendukung SEF, namun ada komponen pendukungnya baik yang gratis maupun       yang berbayar.
2.Terkadang plugin-plugin yang didapatkan terdapat bug atau error.
3.Terkadang ada ketidaksesuaian antara CMS dan plugin.


WordPress
WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU General Public License.

Keunggulan :
1.Sederhana dan cukup mudah dioperasikan
2.Akun gratis WordPress dapat dimiliki dengan mendaftar di wordpress.com
3.WordPress juga dapat dijalankan di situs Web milik kita sendiri (tidak seperti Blogspot) 4.Mendukung adanya SEF (Search Engine Friendly) secara default sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencari
5.Template dapat diubah-ubah sesuka hati dan mengijinkan pembuatan template sendiri

Kelemahan :
1.Fitur manajemennya sedikit sehingga orang menganggapnya sederhana
2.Jarang digunakan oleh situs-situs Web besar di dunia
3.Pluginnya tidak sebanyak Joomla!
WEBSITE BERBASIS BAHASA PEMROGRAMAN
Pengertian Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi(program) dalam komputer. Bahasa pemrograman web diantaranya: HTML, XHTML, Javascript, CSS, JQuery, PHP, ASP, dll.

WEBSITE BERBASIS BAHASA PEMROGRAMAN
Ada beberapa jenis software yang digunakan dalam membuat aplikasi berbasis web, yaitu: 1.Software untuk desain web, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Firework, dll.

2.Editor Web, membantu seorang programmer menuliskan kode program web. Terbagi dua, hand code dan WYSIWYG(What You See Is What You Get). a.Hand Code menggunakan editor teks dimana hasilnya terlihat di browser: notepad. b.WYSIWYG bisa langsung terlihat hasilnya: Dreamweaver, Frontpage, dll.
WEBSITE BERBASIS BAHASA PEMROGRAMAN
3.Web Server, halaman-halaman website yang diakses oleh user melalui browser disimpan pada web server (Netscape Server, Microsoft IIS, Xitami, WebStar, Apache, dll).

4. Browser atau Web Browser, adalah software untuk menampilkan halaman website (Internet Explorer, Mozilla Firefo, Google Chrome, Opera, dll).

5. Database, agar website lebih dinamis untuk pengolahan data dan memudahkan user atau programmer memasukkan, menghapus, mengedit, menampilkan, dan mencari data (Oracle, Sql Server, MySQL).
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

Himbauan Berkomentar !
1. Berkomentarlah menggunakan akun google
2. Tidak boleh spam dan harus sopan
3. Jangan tulis link aktif karena admin akan menghapusnya